bagian komputer dan fungsinya

Bagian-bagian komputer dan fungsinya. 

Kalian mempunyai komputer tapi tidak tau fungsi dari mesin komputer tersebut, oke mantengin terus blog ini. 

 

 

1.Perangkat Input

A. Keyboard
 
Fungsi Keyboard adalah untuk memasukan karakter seperti huruf,angka, dan simbol pada komputer.
 
 
B. Mouse
Fungsi Mouse adalah  fungsi mouse adalah untuk memberi masukan berupa perintah pada program komputer. biasanya tampilan gambar ini adalah anak panah, atau bisa di sebut kursor.
 
 
C. Scanner
 
 
 
Fungsi Scanner adalah untuk memindai atau menyaring documen tercetak seperti gambar, foto atau tulisan menjadi data digital yang dapat di proses oleh computer.
 
 
 
 

 

2. CPU

 
CPU (Central Processing Unit) adalah inti dari komputer dan untuk pemprosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen komponen untuk proses kerjanya komputer, komponen tersebut seperti:
 
A.Vga Card
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
 
B. Casing 
 
Casing  Berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainyaMelindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
 
C. Power Supply 
 
Power Supply berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX.
 
D. Motherboard
 
 
Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut
 
E. Processor
 
Proesor merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar.
 
F. RAM
 
RAM komputer ( Random Acces Memory ) adalah memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer, Fungsi RAM adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing. salah satu Hardware utama yang Harus ada untuk kelengkapan suatu rangkaian Hardware komputer.
 
G. Harddisk
 
Fungsi Harddisk adalah sebagai ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
 
 
 
H. Optical Drive. Berfungsi untuk membaca disk video digital.
– Bagian – bagian Optical Drive :

I. Floopy Drive. Berfungsi membaca dan menulis data ke Floopy Drive.
– Bagian-bagian Floopy Drive :
J. PATA Cable. Berfungi menghubungkan drive ke motherboard.

K. SATA Cable. Berfungsi untuk menghubungkan SATA drive (ex. Hard disk) ke motherboard.
L. Heat Sink Fan. Berfungsi sebagai kipas pendingin.
 
M. Video Adapter Card. Berfungsi sebagai penyedia kemampuan video pada komputer.

N. NIC. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan network.

O. Wireless NIC. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan wireless.

 
 

2. Perangkat Out Put

Perangkat output atau alat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer.
 
A. Monitor
 
Monitor merupakan alat keluaran / alat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau komputer di layar monitor.
 
 
B. Infocus
 
Fungsi infocus adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan.
 
 
C. Printer
Printer berfungsi untuk menghasilkan cetakan komputer pada data atau hasil kerja. Data tersebut nanti akan menjadi tercetak pada kertas.
 
 
D. Speaker
 Speaker (taulah ini buat apa’an?) untuk menyajikan output suara.
 
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, di mana suara tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara). Speaker-speaker yang ada di pasaran sekarang telah menggunakan 6 speaker berikut satellite dan 1 subwofer untuk menghasilkan tata suara yang optimal.
 


E.Headset
                                                           
Alat bantu dengar dan juga bisa digunakan sebagai mic ketika kita sedang chatting

Tinggalkan komentar